Tips Memilih Griddle Electric yang Tepat

Griddle electric merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang digunakan sebagai pemanggang dengan energi listrik. Berikut tips bagi Anda yang ingin membeli mesin griddle electric!

Pilih Ukuran dan Kapasitas

Apabila Anda hendak membeli sebuah mesin griddle, maka pastikan terlebih dahulu ukuran serta kapasitas yang diinginkan. Pasalnya mesin pemanggang terdiri dari beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Griddle pan electric misalnya yang berukuran lebih kecil dibandingkan pemanggang elektrik lainnya. 

Griddle pan electric lebih cocok digunakan pada dapur atau teras rumah. Anda tidak membutuhkan area yang luas untuk menggunakan mesin pemanggang pan electric. Namun Anda tetap harus menentukan ruang yang dibutuhkan untuk meja penempatan grill pan nantinya. 

Ukuran griddle pan juga harus diperhatikan karena menentukan kapasitas. Pemanggang elektrik di pasaran biasanya ada yang cukup untuk kebutuhan dua orang, bahkan empat orang. Jika Anda ingin kapasitas lebih dari itu juga ada. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memilih ukuran dan kapasitas yang tepat saat memilih griddle. 

Pastikan Kualitas Material

Material mesin pemanggang elektrik terdiri dari bahan besi, baja dan beberapa lainnya. Perbedaan material itulah yang akan menentukan kualitas hasil pemanggangan serta cara perawatan mesinnya. Jadi, pastikan Anda memilih mesin pemanggang elektrik dengan kualitas food grade tinggi sehingga aman untuk berbagai masakan. Selain itu pastikan pula material yang digunakan pada mesin mampu menjaga panas dengan baik sehingga ketika memasak juga lebih optimal. 

Periksa Suhu dan Panel Pengaturan

Alat pemanggang tentu harus lebih diperhatikan bagian suhunya sebelum pembelian. Suhu adalah fitur penting yang wajib ada pada griddle electric. Pengaturan suhu membuat Anda lebih mudah dalam mengatur suhu sesuai keinginan dan sesuai jenis bahan makanan yang akan dipanggang. Oleh karena itu pastikan fitur suhu bekerja dengan baik dan mudah dioperasikan. 

Jangan lupa untuk memeriksa pengaturan apa saja yang tersedia pada pemanggang elektrik yang akan dibeli. Periksa seluruh tombol guna memastikan fungsinya. Anda juga direkomendasikan untuk konsultasi pada penjual mengenai fungsi dari setiap tombol agar lebih mudah ketika memanggang bahan makanan.  

Mudah Dibersihkan

Perawatan mesin tentu merupakan hal yang sangat penting guna penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu Anda harus memastikan mesin griddle yang akan dibeli mudah dibersihkan. Saat pesta usai, Anda tentu harus beres-beres dan mencuci seluruh peralatan makan dan masak termasuk pemanggang. 

Ada baiknya untuk memilih griddle electric yang mudah dibersihkan sehingga seluruh bagian-bagiannya mudah dijangkau. Pastikan pula bagian mesin pemanggang mudah dilepas supaya lebih mudah untuk dicuci dan dibersihkan dari kotoran dan lemak yang menempel sebelumnya. Simpan griddle pada tempat yang aman dengan posisi yang benar agar tidak mudah tergores sehingga lebih awet digunakan dalam waktu lama. 

Sekian penjelasan mengenai tips memilih mesin griddle electric. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *