Perubahan Mendasar SNMPTN 2016

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau dikenal dengan SNMPTN pada tahun 2016 mengalami perubahan cukup mengejutkan bagi siswa kelas 12 SMA.






Perubahan mekanisme SNMPTN 2016 ini setidaknya ada tiga hal yang bagi penulis cukup mendasar dan menegangkan sejak awal dimulainya proses SNMPTN.

Tiga perubahan tersebut terletak pada pertama, terkait proses seleksi awal yang hanya mengijinkan 75% siswa dengan ranking terbaik untuk sekolah dengan akreditasi A, 50% siswa dengan ranking terbaik untuk sekolah dengan akreditasi B, dan 25% siswa terbaiknya untuk sekolah akreditasi C.

Aturan ini tertuang pada persyaratan pendaftaran SNMPTN 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengijinkan seluruh siswa mengikuti proses SNMPTN ini. Pertanyaan yang muncul, kriteria 75%, 50%, 25% terbaik ini berdasarkan peringkat per kelas atau peringkat pararel program?

Kedua, jika menilik pada aturan lanjutannya, maka proses pemeringkatan berdasarkan pada nilai enam mata pelajaran Ujian Nasional di tiga semester (3, 4, dan 5). Pertanyaannya, apakah pemeringkatan ini juga dipakai untuk proses seleksi berikutnya? Jika iya, lalu apa fungsi dari seluruh nilai mata pelajaran yang dimasukkan ke PDSS dari semester 1sampai semester 5? Atau pemeringkatan ini hanya digunakan untuk proses penyaringan awal saja dan proses seleksinya menggunakan seluruh nilai? Panitia SNMPTN seyogyanya memberikan penjelasan yang tegas terkait ini di aturan pendaftarannya.

Ketiga, terkait pengurangan kuota jalur masuk SNMPTN 2016 yang dikabarkan turun menjadi 40% dari 50% di tahun sebelumnya. Jika komposisi tahun lalu untuk masuk PTN terbagi atas 50% SNMPTN, 30% SBMPTN, dan 20% jalur mandiri, maka tahun ini diperkirakan 40% SNMPTN, 40% SBMPTN, 20% Mandiri (40% : 30% : 30%).

Penurunan kuota dari jalur SNMPTN ini disinyalir disebabkan oleh rendahnya mutu mahasiswa dari jalur SNMPTN pada saat proses perkuliahan berlangsung. Berbeda halnya dengan mahasiswa yang masuknya terseleksi melalui tes SBMPTN yang dianggap lebih berkualitas. Untuk menjawab ini dibutuhkan kejujuran dan keterbukaan dari pihak kampus.

Semoga anda yang hendak menempuh proses SNMPTN tahun 2016 ini dimudahkan jalannya untuk sukses tembus ke jurusan sesuai harapan. Amin.

Selamat memilih. :)
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

2 comments:

  1. saya dengar alokasi untuk SNMPTN ada perubahan dari 50% ke 40% apakah itu benar?

    ReplyDelete
  2. Iya benar. Alokasi kuotanya berkurang.

    ReplyDelete