Bila Pejabat Surabaya Turut Aktif Jaga KBS

Kematian Singa Afrika, Michael, mencuat ke media massa, Kebun Binatang Surabaya kembali disorot oleh dunia. Aktifis lingkungan dan satwa kembali berteriak.Kisruh kepengurusan Kebun Binatang Surabaya yang kini ditengahi Pemerintah Kota Surabaya sudah usai. Dengan pengambilalihan pengelolaan oleh Pemerintah Kota Surabaya, KBS memiliki harapan baru ke depan. Sayangnya, pengelolaan/manajemen baru ini masih harus diuji oleh matinya satwa -lagi- yang boleh jadi merupakan sisa-sisa konflik lama.

Sebagai warga Surabaya, ada secercah harapan yang pastinya besar diletakkan di pundak Pemkot Surabaya akan nasib yang lebih baik untuk wisata satwa kebanggaan Surabaya ini. Harapan ini bergayung sambut dengan keseriusan Pemkot Surabaya yang tak hanya menerjunkan tim ahli untuk membenahi KBS, tapi juga meminta seluruh jajaran aparatnya dari Sekkota hingga lurah dan satpol PP untuk bergiliran jaga malam di Kebun Binatang Surabaya.

Langkah Pemerintah Kota Surabaya di bawah pimpinan Walikota Tri Risma Harini ini bertindak cepat setelah tersebarnya berita kematian Michael. Instruksi untuk jaga malam pada jajaran di bawahnya merupakan satu dari sekian banyak upaya Pemkot untuk mengurangi tindakan-tindakan tercela yang usil pada satwa di malam hari. Asisten Sekkota, camat, dan beberapa bawahannya tampak ngobrol santai di depan KBS pada Jumat malam (17/01) seperti diberitakan Jawa Pos (18/01). Satpol PP diminta pula untuk patroli mengelilingi KBS untuk memastikan keamanan KBS dari tindakan pencurian juga keusilan orang yang mengakibatkan stressnya satwa.

Lantas, jika pejabatnya mau turun aktif menjaga Kebun Binatang Surabaya, maka berikutnya harus ada upaya massif dalam bentuk apa saja yang melibatkan secara aktif warga dalam upaya mencintai dan melestarikan wisata satwa milik Surabaya ini. Paling tidak, ada semacam gerakan pendidikan cinta satwa di kalangan anak-anak dan generasi muda agar kecintaan dan kepedulian terhadap satwa tumbuh dan membudaya.

Selamat bekerja Pemerintah Kota Surabaya. Kami menunggu recovery Kebun Binatang Surabaya kembali seperti dulu. Layak kunjung dengan pemandangan satwa yang sehat dan lucu-lucu, dengan lingkungan yang memang layak huni bagi satwanya. Dengan beragam acara mingguan, bulanan, tahunan yang menyedot pengunjung untuk ceria dan bahagia menikmati KBS.

Semoga. Amin.
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

0 comments:

Post a Comment