Paket Internet @TelkomselFlash Via Aplikasi MyTelkomsel

Layanan internet di tanah air makin marak dan kompetitif terutama di segmen mobile yang konsentrasi dan penetrasinya berada di kota-kota besar, meski kota kecil dan sekitarnya tak luput pula. Kemudahan akses dan cara berlangganan pun ditawarkan dalam berbagai ragam promo seperti melalui call dan sms.
Salah satu opertaor paling besar di tanah air, Telkomsel, yang hadir dengan paket datanya @TelkomselFlash menjadi operator yang dikenal sebagai pemilik jaringan pengguna terbesar tanah air meluncurkan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk berlangganan internet yang diberi nama MyTelkomsel.

Aplikasi ini hadir untuk mereka para pengguna smartphone atau tablet berbasis sistem operasi Android, Blackberry, dan iOS.  Cara mendapatkannya pun cukup mudah bagi mereka yang menggunakan smartphone atau tablet Android, Blackberry, dan iPhone. Pihak Telkomsel secara resmi memberikan video tutorial pemasangan aplikasi #MyTelkomsel untuk berlangganan paket data @TelkomselFlash yang sudah diunggah di Youtube. Berikut tayangan videonya.

Lebih jauh bagaimana cara berlangganan paket data @TelkomselFlash, saya sebagai pengguna kartu Simpati yang tertancap di Blackberry 8520 -Gemini yang jadul sih, tapi powerful loh untuk kerja- menjajal aplikasi ini melalui Blackberry World. Dengan terpaksa saya harus katakan, jadulnya Blackberry Gemini yang mentok di 2G Edge ditambah koneksi data Simpati dari paketan blackberry yang jarang sukses untuk instal aplikasi di Blackberry World memaksa saya menggunakan @wifi_id dari jaringan telkomspeedy yang terpasang di rumah. Alhasil, sukses juga akhirnya memasang Aplikasi #MyTelkomsel.

Setelah berhasil memasangnya, saya buka aplikasinya, jangan harap bisa dengan mudah membuka aplikasi baru di Blackberry apalagi Gemini, saya terpaksa melakukan hard restart dengan mencopot batere akibat saking leletnya BB 8520 saya yang sebetulnya sedikit aplikasi tapi penuh di Memori dan Kontak BBM yang berjibun.

Setelah sekira 10 menit, akhirnya sukses masuk di homescreen BB jadul saya, langsung saja tancap gas buka #MyTelkomsel, dan ketika terbuka, tampilan welcome screen MyTelkomsel langsung terbuka.

Login MyTelkomsel


Berbeda halnya kalau kita mencobanya di Android yang berbasis wifi untuk koneksinya, karena akan disuguhi login username dan password/token yang didapat dari kartu telkomsel dengan cara memanggil ke *323#.  Jadi, bagi anda pengakses MyTelkomsel yang koneksi/kartunya tidak dari Telkomsel, anda bisa pinjam HP berkartu Telkomsel lalu panggil *323#, jangan lupa catat nomor Simpati dan Token yang sudah dikirimkan tersebut untuk login ke MyTelkomsel. Oh, iya, jangan lupa, login dan token tersebut expired/kadaluarsa dalam waktu 1 jam atau hanya sekali pakai jika anda belum 1 jam tapi sudah logout duluan.

Kembali ke welcome screen MyTelkomsel blackberry saya, anda bisa lihat langsung seperti screenshot di bawah ini. Saya disuguhi 3 menu atas yang terdiri atas Home, Setting, dan Logout. Sementara itu menu bagian bawah ada Profil, Paket, Fitur, Layanan Pelanggan, dan Koneksi Saya. Banyak fasilitas fitur yang tersedia, di antaranya Transfer Pulsabdan Transfer Kuota yang bagi saya bakal akan sering saya gunakan. :D


Paket Blackberry - MyTelkomsel


Langsung saya menuju ke menu Paket untuk mengetahui sejumlah menu yang tersimpan di sana. Karena saya pengguna blackberry, maka saya pilih menu Paket Blackberry, ada beberapa pilihan di sana meski sayangnya saya tak bisa berlangganan karena saya sudah aktif berlangganan paket tertentu yang kebetulan saya pura-pura lupa ambil capture-nya, selain lupa juga karena agak malu mengingat paketan yang sedang aktif sekarang paketan agak murah -bila dibandingkan dengan paket telkomsel blackberry yang lain loh- dan yang terpenting capture yang lainnya tidak tertinggal... *alasan melulu* hahahaha


Penawaran Khusus - MyTelkomsel


Menu paket Penawaran Khusus ini saya buka setelah 'gagal' berlangganan paket blackberry, di menu ini telkomselflash memberikan alternatif paket data internet untuk smartphone/tablet dengan tarif 60 ribu untuk masa aktif 30 hari dengan kuota 3 GB. 100 ribu untuk masa aktif 30 hari dengan kuota 5 GB di mana 1 GB bisa 2G/3G ditambah 2,5 GB 3G plus bonus 1,5 GB dari pukul 00.00 - 09.00, dan masih banyak paket layanan lainnya. Lumayan sih, mahalnya hahahahaha... tapi sepadanlah dengan available-nya jaringannya yang sudah sampai di mana-mana.



Saya lanjut menjelajah menu paketan telkomselflash yang variannya sangat banyak ini, ada Paket Ultima, Paket Otima, Paket Turbo, Paket Opera Mini, Paket Modem, Paket Nokia Asha, Paket Nokia Lumia, Paket iPhone Ultimate, Paket Full Galaxy Plan dan beberapa lagi paket.


Paket Modem - MyTelkomsel


Dari banyak paket tersebut, yang saya buka menunya adalah Paket Modem yang harga internetnya super kereeeeennn! Harganya maksud saya, duh, 250 ribu untuk 4,5 GB, apalagi 799.000 untuk 20 GB, mantab banget rasanya. Barangkali ini yang koneksi super duper lancar tanpa hambatan, video streaming tanpa buffering, layanan internet yang dedicated bukan shared jalurnya. Bener-bener kerasa fantastis angkanya meski belum pernah mencoba rasanya.

Paket iPhone Ultimate - MyTelkomsel


Sementara itu di Paket iPhone Ultimate, ada penawaran harga paket yang lumayan juga, 5 ribu per hari dengan paket data 60 MB, bonus bicara 5 menit (yang pasti bisa diduga hanya ke sesama telkomsel) dan 5 sms (bisa jadi ke sesama dan ke lain operator). Koneksi harian ini cukup untuk buka 3-5 video klip musik di youtube, selebihnya silakan kembali ke 'peradaban 1 dekade silam' hehehehe...



Paket Full Galaxy Plan - MyTelkomsel


Terkhir saya menyempatkan diri juga menengok harga paketan data untuk Full Galaxy Plan yang ditujukan untuk perangkat Samsung Galaxy segala varian. Harganya yang paket ini lebih mahal sebenarnya jika dibandingkan dengan paket iPhone, dengan separuh harga paket iPhone, anda pengguna Samsung akan mendapatkan sepertiga kuotanya. Jadi, dengan 2.500 per hari anda hanya akan mendapatkan paket data 20 MB di mana 8 MB 2G dan 12 GB 3G.

Saya tak tahu bagaimana ribetnya BTS Telkomsel memfilter semua ini dengan segala jenis paketannya, dia harus segera dengan cepat mengenali pesawat/device yang sedang melaluinya.

      

Terakhir, saya bisa katakan -meski tak semuanya sempat terjelajahi dan tertuliskan-, aplikasi ini sangat lengkap bagi para pengguna Telkomsel, bahkan saking lengkapnya, sampai bingung harus memilih koneksi data yang mana. MyTelkomsel memang layak diacungi dua jempol, mungkin ini juga untuk menjawab harga mahal koneksinya. :D

Dari #MyTelkomsel saya hanya bisa mengambil sedikit kesimpulan, betapa mahalnya bandwidth mobile kita, tak semurah bandwidth wired dari saudara tuanya, telkomspeedy yang memang murah meriah meski tak bisa dibawa ke mana-mana. Piiiissssss.... Jaya selalu sluruh operator Indonesia...
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

1 comments: