Pameran Produk Wirausaha Muda Kreatif Surabaya

Wirausaha muda kreatif Surabaya, kesan yang muncul saat melihat pameran produk skala kecil di lobby kampus D3 FEB UNAIR Surabaya.

Melanjutkan perburuan terhadap berbagai jenis usaha mikro, kecil, menengah yang sudah berlangsung beberapa minggu ini, saya kembali mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi sebuah pameran kecil di kampus D3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga yang digelar pada 10, 11, 13, 14 Desember 2012.

Informasi terkait pameran ini saya dapatkan dari salah seorang murid yang kuliah di kampus negeri Surabaya tersebut. Pameran produk wirausaha muda (young entrepreneur) Surabaya ini dalam rangka memperingati dies natalis jurusan D3 Pemasaran, FEB, Unair.

Bersama Anas McGuire, saya menjumpai beberapa booth produk Wirausaha Muda Surabaya yang memajang dagangan mereka. Ada yang memasarkan produk hasil buatan sendiri dan ada juga yang memasarkan dagangan brand lain.

Dari beberapa booth wirausaha muda kreatif Surabaya, yang menarik perhatian saya ada dua booth, yang pertama produk sepatu buatan tangan dan yang kedua wall sticker (cap-capan dinding).

Produk sepatu buatan tangan ini dibuat oleh tukang dari si pemilik usaha, di mana sang pemiliknya memiliki ide-ide desain yang unik dan menarik lalu tukangnya yang mengimplementasikan idenya. Usaha ini dirintis di rumahan dengan pre-order sekira dua minggu. Harganya sangat terjangkau untuk kalangan anak muda, 75 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Sementara produk lainnya adalah wall sticker yang bagi saya pribadi sangat menarik menilik dari desain dan bahan serta kegunaannya yang boleh jadi cukup fungsional untuk ditempel di kaca jendela atau kaca ruang tamu.

Harganya pun sangat terjangkau, berkisar 20 ribu - 40 ribu dengan ukuran 70 cm x 50 cm. Ide semacam ini sebelumnya sudah pernah saya jumpai, tetapi ada pengembangan dan modifikasi desain dan fungsi yang menjadikan wall sticker ini menjadi beda.

Secara keseluruhan, meski peserta pameran tidak begitu banyak di luar ekspektasi saya, akan tetapi kehadiran dua produk dari dua wirausaha muda di atas cukup melegakan rasa ingin tahu saya.

Semoga dunia wirausaha muda kreatif Surabaya terus berkembang.

Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

3 comments: