Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar


Sebuah perhelatan besar akan digelar, Kopdar Blogger Nusantara Tahun 2012 akan berlangsung di Bumi Sulawesi Bagian Selatan, Makassar tepatnya, tertanggal 9, 10, dan 11 Nopember 2012.

Menapak tilas tahun 2011, perhelatan pertama Kopdar Blogger Nusantara yang berlangsung di Sidoarjo itu menyisakan banyak harapan akan sebuah pertemuan akbar blogger yang humanis, yang melepas sekat-sekat kultural dalam satu bingkai kebudayaan besar, kebudayaan blogger dari seantero nusantara.

Blogger Nusantara, tak hanya ingin menjadi sekadar jargon besar, dirinya ingin menjadi bagian yang melebur dalam kenusantaraan blogger yang melepaskan diri dari sekat-sekat kategori. Sekat-sekat segmentasi. Sekat orientasi. Sekat geografi. Sekat hirarki. Sekat subordinasi.

Blogger sebagai person-person individu dengan berbagai latar yang beragam untuk saling bertemu dalam kehangatan bertemu dan berkomunikasi. Seperti yang tampak pada camp blogger nusantara di Sidoarjo.

Tak bisa dipungkiri jika kemudian apa yang tersaji tak mampu memenuhi selera dan harapan. Semua kembali pada individu masing-masing dalam memberikan makna nuansa batiniah yang ada yang memang tak lepas dari pengalaman dan latar belakang individu blogger. Satu hal yang pasti, aroma besar yang tampak adalah kebersamaan dan senjang yang "dipaksa" luntur untuk lebur dalam satu perasaan.

Lantas, bagaimana dengan Makassar yang bakal menghelat acara besar ini? Menilik keberanian menggelar perhelatan di luar kebiasaan, maka Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo adalah titik awal pagelaran yang menafikan asumsi dan prediksi sulitnya menggelar perhelatan akbar berskala nasional di luar "pusat episentrum" Indonesia. Dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar akan mengulang dengan lebih ekstrim lagi, di luar pulau Jawa. Jika berhasil, maka akan menjadi sejarah baru dunia perbloggeran Indonesia. Jika tidak berhasil, tetap menjadi poin penting pada sebuah keberanian blogger yang "agak abai" pada sindrom dan ketakutan-ketakutan yang juga tak definitif. Meski pula boleh dikatakan indikator pengukur keberhasilan juga beragam variabelnya bergantung pada sudut pandang apa dan siapa yang melihatnya.

Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar tetap akan menjadi peristiwa sejarah yang bagi penulis merupakan kejadian yang menumental. Terlepas dari segala persoalan dan kendala teknis di lapangan, peristiwa besar ini akan menjadi catatan sejarah bagi siapapun yang terlibat di dalamnya maupun bagi siapa saja yang merasa ada kepentingan di sana.

Beratnya beban yang tertanggung oleh siapapun yang berkehendak hati menuju even Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar ini, akan terbayar dengan menjadi bagian sejarah blogger yang anomali. Sejarah blogger yang menggelar pertemuan besarnya di luar kebiasaan. Kekuatan hati di luar kalkulasi materi dan emosi menjadikan acara besar ini tak layak untuk dibiarkan begitu saja berlalu tanpa menghadiri dan ikut berpartisipasi.

Selamat bekerja tuan rumah, selamat datang peserta. Mari bersinergi dan semoga sukses.
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

7 comments:

  1. pak gimana caranya bisa menjadi salah satu bagian dari anak blogger nusantara ? :O

    ReplyDelete
  2. Smoga bisa ikutan :) soalnya masih newbie di blogger.. Pengen gabung tpi bingung cara bergabungnya gmana??

    ReplyDelete
  3. Salam.
    Sukses Untuk acara BN 2012 di Makassar, semoga kita semua dapat berjumpa disana Nantinya, sebagai Warga Makassar, kedatangan teman2 semua akan sangat berarti dan bermakna..!!
    salam.

    ReplyDelete
  4. Selamat Siang Kakek,

    Sukses ya untuk acaranya, semangat untuk seluruh penitianya :))

    ReplyDelete
  5. Pak Gempur datang ndak? Saya di Makassar nih.

    ReplyDelete
  6. @STR: oke orang muda, kita ketemuan yuk di lokasi :)

    ReplyDelete
  7. Sampeyan stay dimana pak? Besok acara mulai jam berapa?

    ReplyDelete