Soto Banjar, Kuliner Khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Soto Banjar, salah satu kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan kuah santan dan lontong.

Perjalanan ke Banjarmasin dalam rangka Blogilicious 2012 yang sudah sampai kota ke-4 setelah Bangkalan, Solo, dan Maros ini menjadi perjalanan kuliner yang kaya ragam rasa makanan cita rasa lokal.

Melalui sebuah insiden kecil di Bandara Syamsudin Noor, Banjar Baru yang menghilangkan bagasi bawaan saya, meski ketemu juga, akhirnya saya berjumpa dengan Soto Banjar yang disantap oleh kawan TerrenJr di sebuah warung depan hotel Mira, Depot Lisa tepatnya.

Menu Soto Banjar malam itu sebenarnya makanan yang ingin saya santap, tapi berhubung pakai lontong, saya mengurungkan niat untuk menikmatinya. Saya butuh nasi untuk suplai tenaga saya yang terkuras habis akibat kehilangan bagasi setelah 1 jam mencari. Pilihan jatuh pada Bebek Bakar Banjar di mana saya lahap menghabisi satu setengah piring nasi. *rakus amat ya* :D.

Kuliner khas Banjarmasin yang populer ini akhirnya saya nikmati di malam kedua di depot yang sama. Kuah santan Soto Banjar maknyus bener. Agak pekat seperti kuah kare atau Soto Betawi tapi memang beda banget rasanya. Memiliki kekhasan lokal seperti halnya makanan khas daerah lainnya.

Meski sebenarnya bukan tipe yang peka banget terhadap makanan -mengingat apapun makanannya pasti saya lahap menghabisinya-, akan tetapi serasa rugi jika sudah jauh-jauh datang tak mencicipi dan menikmati Soto Banjar, Kuliner Khas Banjarmasin ini. Dijamin gak rugi. Selamat menikmati. :)

Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

7 comments:

  1. syukran sudah menjadi penyemangat blogger di Banjarmasin, akhirnya banyak yang minat untuk menjadikan blognya jadi duit, kapan2 ajarin saya main di SEO Pa, agar saya bisa memperkenalkan indahnya agama yg saya anut

    ReplyDelete
  2. Soto banjar nya kelihatan enak banget pak :D

    ReplyDelete
  3. @lelakikerens: hehehehe, masnya lbh keren dr saya ilmunya *malu banget*

    @kaharngeblog+@shovie: sotonya emang maknyussss :D

    ReplyDelete
  4. Maknyos banget khan pak sotonya. Klo namanya SOTO BANJAR pasti pake LONTONG. Kalo pake nasi namanya NASI SUP. Klo di JAWA, SOTO yang pakai NASI ya pak?

    Btw. Mas Terren aja kemarin juga salah tebak. Dikira SOTO BANJAR yang pake NASI. Hohoho...

    ReplyDelete
  5. @Mas Jamal: Iya mas jamal, Soto Banjarnya pake lontong, kalo pake nasi memang Sup Banjar. Di Jawa, Soto dan Sup sama-sama pake nasinya. :D
    Aku juga taunya dari mas Terren kalo Soto Banjarnya pake lontong =))

    ReplyDelete
  6. adhitya cakep makassarSeptember 28, 2012 at 3:16 PM

    bingung mau komen apa, jadi nanya aja deh, mas gempur ganteng, ini blog nya auto do follow nda comment nya??klo iya, ntar saya ajakin temen2ku tuk komen disini yak? hihihihihihihihihihi

    ReplyDelete