Mengenal Toyota Fortuner, Benarkah Mobil SUV Terbaik?


Benarkah Toyota Fortuner SUV terbaik? Ada baiknya mengenal lebih dekat kelebihan dan kekurangan Toyota Grand New Fortuner melalui tulisan berikut.

Perkembangan dunia otomotif Indonesia makin tak bisa dibilang remeh. Jalanan kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya dipenuhi dengan mobil-mobil keluaran anyar yang membuat mata tak bisa beralih begitu saja. Termasuk mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang makin digemari publik pencinta mobil Indonesia.

Selaku penikmat kendaraan roda empat di jalanan Surabaya, tak terhitung jenis Mobil SUV yang berkeliaran. Tak terkecuali serbuan Mobil SUV Korea, Eropa, dan Amerika bersaing merebut perhatian selain Mobil SUV Jepang seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Meski jalanan kota-kota besar marak dengan SUV anyar, sepertinya mata saya dari tahun kemarin tertawan pada sosok Toyota Fortuner yang konon katanya Mobil Fortuner SUV terbaik di kelasnya. Bukan tanpa alasan saya menyukainya. Biarpun masih hanya pada angan ingin memilikinya, setidaknya saya sudah pernah menaikinya, menjadi salah satu penumpang istimewa dalam Toyota Fortuner milik kawan sekolah saya yang pengusaha pada sebuah perjalanan bisnisnya.

Bukan berarti saya juga tak pernah menjajal jenis SUV lainnya loh. Beberapa jenis SUV yang pernah saya tumpangi di antaranya Honda CR-V tipe long milik mertua adik ipar dan Mitsubishi Pajero milik teman sekantor. Hebat ya, karena semuanya bukan kendaraan milik saya. :D

Tak apalah, meski kesemuanya bukan milik saya, tapi ada hasrat untuk memilikinya satu saat nanti. Tapi, entahlah, dari ketiga jenis SUV yang pernah saya tumpangi tersebut, ternyata masih Fortuner SUV terbaik dalam benak saya. Bukannya terpengaruh oleh pandangan kawan saya yang pemilik Fortuner, tapi lebih pada pandangan pertama pada kesan gagah perkasa yang hadir pada sosok Toyota Fortuner lebih dari dua jenis SUV lainnya.

Saya juga tak mengerti betul spesifikasi teknis ketiga jenis Mobil SUV yang pernah saya tunggangi tersebut. Yang saya pahami, ketika berada di dalam ketiganya, Fortuner SUV terbaik itu menghadirkan kesan interior yang lebih menawan, lebih laki-laki, dengan kenyamanan yang tak bisa dibantah oleh diri saya, hingga ada keinginan untuk berusaha memilikinya. Menurut kawan saya yang juga memiliki mobil pribadi jenis Sedan Civic keluaran 2009, Toyota Fortuner hampir menyamai kenyamanannya di jalan-jalan datar perkotaan, meski tak mampu menyamai secara sempurna karena memang segmentasi yang berbeda. Fortuner SUV terbaik, meski menggunakan mesin diesel, tapi suara berisik atau guncangan/getaran yang ditimbulkan hampir tak terasa.

Jika dibandingkan dengan dua jenis Mobil SUV lainnya, kenyamanan interior dari tempat duduk, pendingin ruangan, keleluasaan saat berada dalam kendaraan, maka Fortuner SUV terbaik menurut saya.

Terlepas bahwa secara teknis ketiganya mungkin tak bisa dibandingkan dari sisi kapasitas dan jenis mesin, konsumsi dan jenis BBM yang dibutuhkan, dan lain-lainnya, saya masih mengidolakan Fortuner SUV terbaik kelak akan menjadi tunggangan saya. Honda CR-V long yang memberikan keleluasaan dan kelegaan yang sama dalam berkendara, masih kurang nyaman. Begitupun dengan Mitsubishi Pajero Sport yang harusnya sangat nyaman dengan berbagai keistimewaan yang dimilikinya terutama eksteriornya yang juga gagah, tetap belum mampu menyaingi kegagahan Fortuner SUV terbaik yang menurut saya proporsional dan ideal luar dan dalam.

Jikalau keadaan ekonomi mapan dan ada yang lebih baru dan lebih baik dari Toyota Fortuner, tentunya saya akan pilih Mobil SUV terbaik di jamannya, dan mudah-mudahan brand Fortuner SUV terbaik tak keburu tenggelam saat ekonomi saya mapan. :)













Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

1 comments: