Pertarungan Google vs Facebook

Perang dingin antara google dan facebook tampaknya semakin terlihat jelas. Dua raksasa digital ini saling berebut pengaruh dan terus melakukan ekspansi besar-besaran. Setelah "menjalin hubungan" dengan mesin pencari BING yang punya hubungan erat dengan Microsoft, juga sangat dekat dengan Yahoo!, facebook berencana membuat facebook smartphone.

facebook    Googlemeebo

Google tak kalah agresif dalam mempertahankan supremasi kehebatannya merajai dunia internet, ekspansi google kini sudah sampai ke Meebo. Tak kurang dari Rp. 900 miliar dikucurkan untuk mengakuisisi situs jejaring sosial chat yang mengkombinasikan bisnis dan pertemanan dalam berselancar menjelajahi situs-situs, sekaligus berbincang langsung seperti halnya facebook messenger dan yahoo! messenger.

Langkah ini sepertinya menjadi jawaban atas peluncuran social netwotk dalam naungan Microsoft, so.cl, yang memiliki hubungan dekat dengan facebook (jejaring sosial) dan yahoo! (mesin pencari).

Layanan Meebo sepertinya dirancang untuk memperkuat Google+, jejaring sosial google yang kalah populer dibandingkan dengan facebook. Google jelas ingin memperluas jaringan penggunanya dengan menjadikan Meebo ke dalam bagian google. Dikabarkan pula bahwa google akan mengintegrasikan layanan Meebo ke dalam google+ sehingga pengguna google secara otomatis akan terhubung dengan Meebo, seperti halnya youtube dan picassa.

Google mengembangkan satu akun untuk seluruh platform layanan demi untuk memudahkan pengguna saling terhubung dengan siapapun di internet. Sementara itu, facebook belum secara lugas menunjukkan visinya ketika menjalin kerjasama dengan Bing (Yahoo! Search menjadi bagian di dalamnya), dan Microsoft dengan so.cl-nya.

Raksasa dunia digital semakin mengerucut pada segelintir situs yang meski terlihat banyak brand, banyak nama, banyak platform, tapi sejatinya hanya dimiliki oleh beberapa perusahaan raksasa yang bisa dihitung dengan jari. Lantas, siapa pemenangnya? Juga, siapa yang paling diuntungkan atas akses ke data pengguna di seluruh dunia?

hmmmm.....

 
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

12 comments:

  1. pak guru, jangan lupa Gtalk... mesin chat yg satu ini asyik loh kalo diikutsertakan bersama-sama pada bahasan kali ini... *tim sukses Gtalk :P

    ReplyDelete
  2. makasih, kang. messenger yang gak laku. hahahahaha

    ReplyDelete
  3. Semoga aja persaingannya membuat produk2 yang semakin ciamik,dan membuahkan inovasi2 baru.

    ReplyDelete
  4. amin. semoga. :)

    ReplyDelete
  5. Meskipun tak laku mungkin nanti Google akan berkreasi. Liat saja nanti.

    Contoh Google +. Meskipun jejaringan sosial ini nggak laku-laku amat, tapi buat authority website ya terpaksa orang rela pakai Google +

    ReplyDelete
  6. Authority website juga hny utk para webmaster yg rajin, kalau yg malas macam saya? Rasio USER dan WEBMASTER? Sepertinya enakan didiemin hingga google+ mencari cara lain biar laku. Hehehehehe.

    ReplyDelete
  7. Semoga aja blogger tetap bisa kecipratan rejeki dari persaingan raksasa2 dunia maya ini. :)

    ReplyDelete
  8. mas saya mau berbagi google itu selalu berkonflik dengan perusahaan lain :D

    contohnya google vs apple

    Pilihan Gadget Canggih Android-nya Google Versus iOS-nya Apple

    ReplyDelete
  9. Ojok google karo facebook ae pak...
    google karo facebook wes terkenal ...

    sekali2 gwe posting sing judul'e bloger vs wordpress pertarungan antar web blog di dunia maya pak...

    ReplyDelete
  10. @yohannes: hehehehe... sudha banyak kok yg membuat postingan terkait wordpress dan blogger. Perbandingan antara wordpress dan blogger maksudku. :)) termasuk terkait kehebatan SEO wordpress dan blogger.

    ReplyDelete
  11. Kompetisi secara fair wajar.. karena mereka menpunya nama yang besar..

    ReplyDelete