Socl: Jejaring Sosial Baru dari Microsoft

Microsoft melalui tim risetnya Microsoft’s FUSE Labs sedang mengembangkan jejaring sosial yang menawarkan pengalaman berbagi ide secara ekslusif dengan teman-teman yang anda miliki.


So.cl menawarkan pada pengguna yang ingin mengaktualisasikan dirinya dalam bentuk gambar, link, teks, dan video lebih dari layanan jejaring sosial lain. Tampaknya facebook tak berkeberatan dengan langkah Microsoft ini, terlihat dari diijinkannya pengguna login ke So.cl menggunakan akun facebook-nya.

DATA PUBLIC


So.cl bekerja sama dengan BING dalam menampilkan data di mesin hasil pencarian, itu artinya data pengguna bersifat publik dan dapat diakses oleh siapapun meskipun pengguna harus login terlebih dahulu untuk mengakses data pribadinya. Dibukanya akses informasi ke publik merupakan tujuan utama So.cl untuk kepentingan eksperimen dan penelitian bagi siapapun. Pernyataan ini dapat dilihat pada halaman about: "Is So.cl data public?"



Dibukanya akses informasi pengguna kepada publik yang menjadikan So.cl berbeda dengan jejaring sosial lain, utamanya facebook, yang hingga sekarang masih "berseteru" dengan Google. Meski dibuka untuk publik, utamanya untuk mesin pencari BING, secara jelas dinyatakan oleh So.cl bahwa jejaring sosial milik Microsoft ini bukan bagian dari BING.

Di sisi lain, Microsoft’s FUSE Labs juga menyatakan bahwa So.cl tidak akan melakukan posting secara otomatis ke timeline facebook pengguna, secara default, meski pengguna dapat login menggunakan akun facebook, status yang dibuat di So.cl tidak akan dikirimkan secara otomatis ke facebook stream kecuali pengguna memberikan ijin akses untuk posting ke timeline facebooknya.

RICH POST


So.cl memang cukup menjanjikan dengan fitur rich post yang ditonjolkannya, pengguna dapat mengumpulkan gambar dan link dari web yang ia temukan, dan So.cl akan menyusunnya menjadi sebuah cerita yang menarik.


Selain dalam bentuk gambar dan link, So.cl juga menawarkan video party di mana pengguna dapat dengan mudah mengunggah atau mencari video dan membuat daftarnya lalu So.cl akan menyusunnya menjadi cerita video dan membuat pengguna merasa nyaman dengan menjadikannya topik pembicaraan bersama teman-teman anda.

Yup, So.cl memberi tawaran lebih dari jejaring sosial lain dengan Rich Post-nya, keterbukaan datanya ke publik, akan tetapi apakah itu sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak, Anda yang memutuskannya. Selamat berjejaring.

Akun saya di so.cl bisa di lihat di http://www.so.cl/#/@abdul
Tulisan dalam edisi inggris bisa dihat di sini: Socl: Microsoft’s New Social Network
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

0 comments:

Post a Comment