Bursa Buku Murah di Kampoeng Ilmu Surabaya



Bursa buku murah sepanjang tahun dari yang baru terbit hingga naskah kuno di Kampoeng Ilmu Surabaya

Di era 90an, pelajar dan mahasiswa pasti akrab dengan sentra buku murah di sepanjang jalan Semarang, Surabaya. Saat itu tak banyak toko-toko buku besar seperti sekarang, kalaupun ada, jelas bukan wilayah rakyat menengah ke bawah untuk menjangkaunya. Anak-anak perkampungan kota lebih akrab ke tempat ini daripada tempat lainnya.

Sentra buku murah di sepanjang jalan Semarang di era 90an pula tergusur oleh kebijakan Pemkot Surabaya dan sebagian pindah ke daerah pasar Blauran dan sisanya menetap di jalan Semarang.

Melihat sentra buku murah di Kampoeng Ilmu Surabaya, teringat kawasan sentra buku murah shoping, Yogyakarta jaman dahulu yang kini juga mengalami peremajaan direlokasi di sebelah Taman Pintar. Sementara yang masih tersisa berjejer di sepanjang jalan semarang, juga mengingatkan saya pada jajaran kios yang berjajar di belakang Taman Sri Wedari Solo.

Yang menarik dari Kampoeng Ilmu Surabaya, PKL buku murah mendapat tempat berupa kios-kios yang ditata apik dengan lokasi yang rimbun pepohonan dengan kantin dan pendopo serta kolam ikan di tengah-tengahnya. Di sisi utara, di atas kios-kios di lantai 2, ada ruang serba guna untuk pertemuan dan sekretariat Kampoeng Ilmu.

Khusus hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional, ada tambahan hiburan berupa live music yang mampu menjadikan suasana kampoeng ilmu demikian nyaman untuk berburu ilmu bagi para pengunjungnya.

Lelah berburu buku, pengunjung dapat menikmati hidangan murah meriah di kantin Kampoeng Ilmu sambil membuka lembaran-lembaran buku yang sudah didapat.

Bagi yang berburu buku murah secara berombongan, anda dapat menikmati fasilitas pendopo untuk sekadar berdiskusi sambil menyantap hidangan dari kantin di sebelahnya ditemani angin sejuk di bawah rindangnya pepohonan.

Anda ingin buku murah, suasana nyaman, berdiskusi dan berkomunitas? Kampoeng Ilmu Surabaya tempat yang pas buat Anda.

Kampoeng Ilmu Surabaya
Jalan Semarang no. 55 Surabaya



















Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

2 comments:

  1. baru tau aku mas, entar pas liburan mau sambang ke sana :D

    ReplyDelete
  2. surga buat para pecinta buku mas :O

    ReplyDelete