Menata Sistem Organisasi Bisnis dengan SOP Tepat

Buku Rahasia Membangun SOP Tepat karya Lukman Setiawan, buku pedoman praktis dan solutif membangun dan menata sistem organisasi perusahaan bisnis dengan SOP yang tepat


Awal tahun 2012 ini, ketika benak sudah penuh dengan bermacam rencana dan target yang kudu segera dieksekusi, meski tak begitu saja hadir, namun ide mendirikan badan usaha ini kembali muncul ke permukaan dan sedikit menyita waktu dan perhatian bagaimana harus merancangnya, mengelolanya, mengevaluasinya.Sebagai pemula dalam bisnis yang diprakarsai sendiri yang jelas tak memiliki banyak pengalaman apalagi ilmu manajemen pengelolaan bisnis, jelas merupakan kesulitan, harus memulai dari mana.

Secara tidak sengaja, Pak Lukman Setiawan, wirausaha (entrepreneur) yang berdomisili di Malang, yang juga seorang blogger, mengontak saya via facebook kalau beliau hendak menerbitkan bukunya dan meminta kawan-kawan blogger untuk memberikan ulasan atas tulisannya tersebut. Personally, saya merasa tersanjung diberi kepercayaan tersebut. :)

Sekilas, saya melihat bukunya menarik, disertai dengan CD yang juga tak kalah menarik kemasannya. Merasa berunrung banget ketika membaca beberapa testimoni dan biodata dari pak Lukman. :)

Singkat kata, secara personal kesan yang saya tangkap: bahasanya ringan, informatif, sangat mudah dicerna, dan satu kata kunci yang menarik dan perlu saya sampaikan juga tegaskan: "Mencerahkan". Sejujurnya, saya baru paham bagaimana cara teknis menyiapkan segala keperluan administratif sebuah bisnis (dalam skala kecil) yang akan dibangun.

Saya baca lembar demi lembar buku SOP tersebut, beberapa manfaat yang menarik dan menjadi petunjuk penting bagi siapapun yang menjadi motor penggerak organisasi bisnis antara lain:

  1. Anda diajak untuk membangun sebuah perusahaan, organisasi, bisnis kecil atau besar untuk menjadi kuat dengan system operating procedure yang tepat

  2. Anda diajak menjadi dokter untuk mendiagnosis 'sakit' sebuah perusahaan, organisasi, bisnis kecil atau besar dan menemukan jalan keluar (obat) baginya

  3. Anda diajak merancang dari awal sebuah perusahaan, organisasi, bisnis kecil atau besar, diajak langkah demi langkah membuat/menyusun SOP secara detail dengan kelengkapan indikator/instrumen penilaian yang tepat.

  4. Anda akan diajak membenahi SOP yang sudah anda miliki namun masih banyak celah yang membuat kinerja bisnis anda menurun


Sekadar catatan akhir, bahwa meski buku ini difokuskan dalam membangun organisasi bisnis, akan tetapi langkah-langkahnya dapat diimplementasikan dalam membangun organisasi sosial, komunitas, paguyuban, dan organisasi-organisasi lainnya.

Jika anda tertarik, silakan beli di toko buku Gramedia terdekat di kota anda.



Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

5 comments:

  1. [...] dan langkah lanjutan pasca evaluasi. *halah, lah wong idenya sederhana aja kok ribet sampe bikin SOP [...]

    ReplyDelete
  2. kalo beli secraa online apa bisa?
    berapa harganya dan bagaimana mekanismenya?
    saya sudah hunting ke gramedia bbrp kali tp selalu kehabisan.
    mohon infonya

    ReplyDelete
  3. Coba kunjungi ke situs penulisnya, pak.
    Ini situsnya: http://lukmansetiawan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Walaaahhh Pak Lukman...habis madu sepah dibuang..udah seneng yang lama dilupain...

    ReplyDelete
  5. @danny: waduh, ada apalagi ini, mas danny?

    ReplyDelete