Akhirnya [Linux] Datang Juga

Dari beberapa hari yang lalu, tepatnya sebulan lalu, saya mengadakan migrasi besar-besaran sistem operasi. Dari pabrikan Microsoft yang meski serial number-nya gak bajakan -maklum nebeng ITS- tapi tetep menjadi kejengkelan luar biasa karena ganasnya serangan virus, akhirnya saya putuskan untuk beralih ke Linux.

lab kompi sman11 lab kompi sman11

Kini sudah separuh komputer sekolah beralih ke linux. Dari berbagai pertimbangan terutama dari spesifikasi komputer yang minimalis, akhirnya PcLinuxOS menjadi pilihan terbaik untuk komputer sekolah. Distro terkenal dan populer sekelas Ubuntu dirasa masih mengganjal mengingat spesifikasi minimal kompi yang diminta lumayan tinggi. PclinuxOS terpilih setelah mencoba berbagai distro, di antaranya winbi, edubuntu, fedora, blankon, slackware dan mandriva. PCLinuxOS really radically simple. Sesuai dengan slogannya.

Mulai dari GUI yang menggunakan KDE terasa begitu familiar seperti bekerja di Windows. Siswa pun tak banyak kesulitan meski harus belajar lagi. Setting jaringan untuk akses internet yang sangat mudah dan proses instalasi yang sangat cepat menjadi kelebihan utama dari distro ini. Instalasi hanya membutuhkan 15-20 menit dari Live Cd yang saya download langsung dari sini. Sayangnya, instalasi menjadi gagal ketika berhadapan dengan harddisk Sata. Sehingga, separuh laboratorium menggunakan distro lain, rencananya ubuntu. Controler SATA dari chipset VIA belum include dalam database driver PClinuxOS, sementara untuk mencari solusinya terbentur waktu.
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

0 comments:

Post a Comment