nJajal Edubuntu dan Ubuntu

Meski bukan ahli dalam hal per-Linux-an, liburan kemarin merupakan hari bersejarah bagi saya, di mana saya uji coba menanamkan Ubuntu 7.04 Festy Fawn ke dalam server dan Edubuntu 6.10 ke workstation dan hasilnya..... taraaaammm.... berjalan sukses dan tanpa kendala. Belajar banyak dari pengalaman mas Hair dan Pak Sawali agar tak kehilangan data.
Sayangnya, pada workstation yang ber-memory 256MB, Edubuntu hang berkali-kali pada saat instalasi. Ya sudah, biarkan saja dulu, yang penting uji coba berhasil. Termasuk setting jaringan lokal ke gateway-nya.

Mencoba linux di komputer sendiri sudah pernah saya lakukan, begitu pun di komputer sekolah. Namun, apa daya warga lainnya memprotes dengan dalih tak kenal dan ribet. Kembali ke semula, pake windows bajakan menggunakan serial number dari perguruan tinggi terkemuka di Surabaya.

Berhubung kemarahan saya akan virus-virus yang menyerang Windows sudah memuncak, akhirnya saya nekad memasang dua sistem operasi di kompi lab. Mudah-mudahan kemarahan saya ada gunanya di kemudian hari.

Hanya saja masih ada pertanyaan yang mengganjal, mencoba membangun server lokal dengan cara menjadikan IP private dari telkom menjadi IP public belum berhasil meski sudah bertanya ke om google dan seorang teman yang jagoan jaringan dan saya beri julukan pendekar flamboyan. Harap maklum, masih pemula. Banyak istilah yang kurang saya mengerti.
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

0 comments:

Post a Comment