Sisi Lain Monkasel



Monumen Kapal Selam [Monkasel] yang berada di tengah kota Surabaya di tepi Kali Mas merupakan simbol kejayaan dan perjuangan Angkatan Laut Indonesia sekaligus simbol perjuangan bangsa.



Surabaya adalah pusat pangkalan untuk wilayah Timur sekaligus pangkalan angkatan laut terbesar di Indonesia yang menjadikan kapal selam PASOPATI dengan nomor lambung 410 menjadi monumen bersejarah. Lokasi areanya yang benar-benar terjaga kebersihannya dan nyaman menjadikannya tempat alternatif untuk taman rekreasi keluarga. Ditambah lagi fasilitas cafe dan free hotspot speedy membuat para bloger atau pecandu internet bertambah betah berada di dalamnya.



Namun, kehebatan monumen kapal selam menyisakan sedikit tanya di benak, saat kaki melangkah ke bagian belakang untuk menunaikan sholat, mata dipaksa menatap pemandangan a la pedesaan yang maaf, terkesan kumuh jauh dari kehebatan dan kegagahan monkasel di bagian luar.

Dalam benak ada tanya, gerangan apa ini? kenapa kegagahan itu tak diimbangi dengan kesejahteraan pegawainya? Pekerja yang setia merawat dan memelihara kegagahan sang monumen. Saya kira, sepertinya kita semua memang seperti itu, di depan gagah, di belakang... ketaklayakan masih menjadi penopang.
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

0 comments:

Post a Comment