Padamu Ibu

ibu dan anak
ass.pak.. gni ni pak tgl 30 des. mamakq ultah...
aq bngung maw ksih surprise pa untuk beliau...
beliau adlah org tersabar sedunia bagiku...
aq sangat menyayanginya lebih dari driku sendri...
diultah nya yg ke 44 ini aku pgn bgt m'bwat beliau bahagia...
kira2 aku ngasih kado apa ya pak?????? thx be4..

[dari Jay Mini siswi saya yang lucu]
Kalimat ini ada di blog saya di bagian konsultasi. Saya tak menyangka akan mendapat pertanyaan sesulit ini. Sejujurnya, saya terharu dengan pertanyaan ini. Menjadikan diri saya menjadi orang yang ternaif, karena orang yang paling dingin dalam keluarga adalah saya.
Tak pernah terpikir dalam benak saya bisa bercengkerama bercanda dengan ibu saya apalagi dengan bapak saya. Jika bercengkerama saja tak bisa apalagi memberi kado spesial di saat ulang tahunnya. Istri saya saja tak pernah, saya menyerah untuk urusan yang satu ini. Saya hanya bisa berpuisi dan bersajak, tapi itu juga gak ada yang ngerti. Saya adalah orang yang memiliki kesulitan dalam mengutarakan perasaan pada orang terdekat. :-(

Mengingat pertanyaan yang diajukan agak sulit, akhirnya saya tanya istri saya yang lebih peka dan pengalaman. Usulnya, belikan ibu sebuah daster terseksi dari yang pernah dimiliki ibu. Dijamin bakal diingat seumur hidup yang mana saat mengingatnya kita bisa ketawa bersama karena konyolnya. Dan ini terbukti pada pengalaman istri saya sendiri.


Tapi, yang terjadi malam ini selain senyumnya, air mata istri saya juga menetes haru. Mamanya sudah meninggal dunia. Jadi tak bisa lagi menikmati kelucuan dan kenangan manis bersama. Saya jadi ikut menangis, tapi terus terang, saya sembunyikan dengan senyum untuk membesarkan hati istri saya.

Terakhir, kepada murid saya, ucapan terima kasih saya sampaikan telah mengingatkan untuk lebih perhatian pada ibu. Maaf saya karena tak bisa memberi usulan yang lebih baik lagi. Mudah-mudahan ibumu menjadi ibu yang paling bahagia karena memiliki anak yang berbakti sepertimu.
Kepada emak, maafkan jika kekakuan komunikasi menjadikan kasih dan sayang seringkali terucapkan dalam diam. Mungkin karena sejak awal dulu saya anak paling pendiam dan jarang bergaul. Meski kini perubahan banyak terjadi pada diri saya, tetap seringkali saya hanya diam. Maaf Mak!

Selamat Ulang Tahun untuk ibu dari murid saya, salam hormat dari saya. Untuk semua ibu, selamat Hari Ibu.

Sumber Gambar: http://psychologytoday.com/
Share on Google Plus

About Gempur Abdul Ghofur

33 comments:

  1. wah... bener-bener cerita yang sangat mengharukan.
    jujur saya juga tidak pernah berfikir sejauh itu. saya hanya bisa mengucapkannya didalam hati. Ternyata mengungkapkan perasaan pada seseorang itu gak gampang seperti membalik tangan.
    Sedih.......

    ReplyDelete
  2. aduh jadi sedih dan kangen ama emak di rumah

    ReplyDelete
  3. Nggak nyangka kalau Pak Gempur ternyata memiliki karakter "dingin", halah.
    Met ulang tahun buat mamanya Pak Gempur, mudah2an diberikan panjang umur, sehat walafiat, dimudahkan rezekinya, dan tetap bisa "mengawal" kehidupan Pak Gempur beserta keluarga.

    ReplyDelete
  4. Nangis aq huhuhuhuhuh............

    ReplyDelete
  5. Pak, posingannya mmbwtku trharu. Untuk menyambut hari ibu aku jg mw ngucapin maaf pada mamaku yang telah merawatku dan mndidiku sejak lahir ke dunia ini dan aku telah banyak berbwt dosa padanya. N yg trakhir aku nggak nyangka pak guruku ini mempunyai hati yang lunak he99x

    ReplyDelete
  6. @ All: Kok jadi pada terharu semua, saya jadi ikut terharu

    ReplyDelete
  7. Selalu bisa bikiin orang lain tersenyum...
    Artikelnya mengharukan klo ditelaah tapi saat dibaca sejenak rasa pengen ketawa teruz. Hehehehe
    Everything is Ok selama kita masih bisa sayang dan menghargai orang tua dengan cara kita masing2...

    ReplyDelete
  8. Tak ada satu hadiah pun yang pantas untuk membalas budi baik seorang ibu di dunia ini. Beliau begitu sempurna lebih sempurna dari apapun jua. Semoga dengan segala perilaku dan budi baik kita selama ini pada-Nya dapat membuat beliau sedikit tersenyum.Amin

    ReplyDelete
  9. kang bukankah diam itu kadang lebih baik...
    "barangsiapa yang berimankepada ALlah dan hari akhir, maka berbicaralah yang baik atau diamlah..." ! jadi diam itu lebih baik dari pada bicara tidak baik ... *halah*

    ReplyDelete
  10. @ All: Makasih dah mau mampir dan berpartisipasi merayakan hari ibu
    @ Kurt: sepakat kang! mungkin itu jawaban yang bisa menjadi apologi saya atas kebekuan dan kekakuan komunikasi saya dengan orang tua saya.. saya takut salah.. matur nuwun kang!

    ReplyDelete
  11. duh kangen mama nih yg gi jauh di Mekkah sana...
    sama pak, q pun juga mrsa kurang sring curhat ke mama q.
    bukannya q cuek hnya saja beliau trlalu brkharisma untukku,
    so dihariyg special ni q ingin ucapkan...
    selamat hari ibu, mama..
    cepatlah pulang, anakmu disni bgitu mrindukanmu..
    bgitu beliau pulang, kan q sambut dgn peluk n cium yg tak prnah q lakukan slama ini...

    ReplyDelete
  12. salam kenal
    blognya bagus :)
    saya dapat link blog ini dari blog mas anang
    kapan2 baca blog saya juga ya
    makasih :)

    ReplyDelete
  13. SO SWEEEEEET
    Ya ampun ceritanya mentrenyuh kan hati.
    buat saya kado terspesial dan paling mahal harganya
    untuk seorang wanita yang sangat hebat, seorang ibu adalah
    CINTA dan Kasih sayang kita padanya.....

    ReplyDelete
  14. @ Naychan: mudah2an umminya menjadi hajjah yang mabrur.. amin
    @ aAng: Makasih kunjungannya, segera meluncur ke tkp ;-)
    @ Adirano: makasih atas silaturrahimnya yang setia menemani artikel-artikel saya..

    ReplyDelete
  15. saya juga belum bisa membuka hati untuk orangtua saya. kata orang pintar, ada kepahitan yang saya alami sewaktu masih tinggal bareng keluarga, tapi saya sendiri masih belum tau kepahitan apa yang bikin hati saya buntu sampe sekarang.

    halah, kok jadi curhat.

    ReplyDelete
  16. @ TheNeo: miss u too son! *nyamar jadi ibunya*
    @ STR: demikiankah? mudah2an kasusnya tak sama dengan saya.. jadi ikut prihatin, mas!

    ReplyDelete
  17. Duhh kang kebaikan seorang ibu ternyata luar biasa... tak ada tandingannya .. Bahkan menggendong ibu saban haripun tak bisa membayar kebaikan sang Ibunda, kata Nabi saw suatuketika kepada salah satu sahbatnya...

    Insya Allah saiya muga2 bisa nulis tentang ibunda ... tapi kulae kdah nilar informasi lan tangled dumateng pak real kyai ... :)
    salam

    ReplyDelete
  18. beruntunglah yang masih mempunyai seorang ibu

    ReplyDelete
  19. wah..wah..wah..
    gara2 aku neh isri pak gopur jadi nangis,,,
    maap ya istrinya pak gopur,,
    tpi aku jg pgn ucpin mkasih ..
    atas sarannya...
    mamakq kn endut jdi dibeliin daster model apapun kelihatan seksi...
    hehehehehe...
    masuk akal juga...
    ins.allah bsk aku mulai nyari dikapasan sama kakakQ...
    doain semoga dapet ya pak...
    tar kalo dah perayaannya aku pasti cerita ke ibu kalo ini smua atas dkungan guru2 n tman2 terbaikku...
    thx a lot....

    ReplyDelete
  20. @ Pak Kurt: Inggih sumonggo kerso, kulo tenggo postingan njenengan tentang ibunda, pak!
    @ em: memang kudu disyukuri dan wajib.. mumpung belum menyesal.
    @ jay miny: saya tunggu momennya.. kalo sdh laporan yaaa... jadi pengen tau nih kisahnya.. hehehehehehe...

    ReplyDelete
  21. Yayaya...
    Untunglah saia termasuk Orang yang berbakti dan hobi memberi kado (Sombong_padahal_kadonya_juga_sering_patungan_mode_on)
    Tapi saia ndak tahu ya..
    kok saia termasuk orang yang suka memberi kejutan.
    Tiap tahun, ibu saia selalu terbangun dengan kado tergantung di depan pintu..
    (Sampe pernah dikira hantu loooh!!)
    Tidak hanya untuk Mak saia, adek, bapak, sampai teman2 terdekat juga sering saia kasih supreeesss! pas hari ulang tahunnya.
    Masa hari sekali dalam setahun ajah ndak diingat??
    Kebacuut!! kahn!
    Meski pas saia ultah ndak ada yang ingat, ndak papa..
    Yang pasti, saia hanya hobi memberi kado.
    Minimal 2 bulan waktu untuk mikirin kado apa yang akan dikasih ke orang yang akan ultah itu..

    heheh,
    (Sok_romantis_mode: on)

    ReplyDelete
  22. 4 saia alias septiten9 yang sombong dan ga baek ati,
    Uh.... kata-kata u koq beda banget ama realita
    udah deh kalo ngobral ngak usah diposting segala coz akeh sing tao klo lo bener-bener ratu kebohongan the biggg lier
    hahahahahaha.........

    ReplyDelete
  23. Denger kata2 ibu, jadi pengen nagis,,..

    BerunTungLah kalian yang tinggaL serumah dengan orang tua kalian..
    Bebahagialah karena kalian masih dapat merasakan kehangatan keberadaan ibu kalian,.
    Kalian harus bersyukur sekali,.

    Tidak seperti aku, yang sudah 3 tahun ini tinggal jauh dari orang tua,terutama ibu,.
    aQ jarang bertemu bliau,.
    kalau denger cerita2 tentang kehangatan bersama ibu, aku hanya bisa diam dan mungkin akan menangis,.
    Speti sekarang, rasanya sudah pengen nangis,. HikZ..
    Aku bener2 tersiksa kalau jauh dari ibuku,.
    Hikz.. hikz.. hikz..

    Maka itu, bagi kalian yang setiap hari bertemu ibu kalian, sayangilah beliau dan jangan kalian sakiti beliau,.
    (koq jadi curhat y,.)
    Pokoqnya bwt ibuQ tersayang I LOVE U,.

    ReplyDelete
  24. @ Shei: syukurlah jika demikian..
    @ Herry: mosok seeee?!
    @ SanTi: ikut terharu untuk SanTi! jangan nangis yaaa?! cuuuup cup cup, jangan nagis lagi, nih bapak kasih permen, diem yaa!!

    ReplyDelete
  25. Pak mulai sekarang bapak coba untuk bersikap hangat pada keluarga anda jadi dirmh tu ga terlalu dingin. Heeeeeee.....
    Please cek my blog

    ReplyDelete
  26. @ Doni: makasih nasehatnya, mudah2an bisa, doakan yaaa!

    ReplyDelete
  27. hehehehehe...
    akhirnya kelaksana juga,..
    eeemmmm..
    dari mana ya ceritanya,,,

    gini ni pak,
    tiga hari mendekati ultah ma2k,,
    beliau sering mengeluh masalah kipas angin yg udah dibilang parah buwanget,,
    akhirnya gak pikir panjang lgsung aku belikan kipas angin,,
    ketiksa uangnya masih ada sisa aku coba bertanya2 tentang daster kesukaan ma2k,,
    eh malah dijawab"napa mau beliin daster ta?
    jangan beliin aku daster,percuma dasternya ma2k tuh banyak bgt,yang dapet persenan dari org ja blm sempet kebuka,mending uangnya ditabung ja,ato kalo gak belikan sesuatu yang berguna,,"
    akhirnya aku belikan tas kecil ,,

    hari itu ma2k lupa dengan tgl lahirnya..
    n kita(ank2nya) dngan sengaja ngerjain ma2kku pada hari itu...
    kita sengaja tidak pulang kerumah seharian..
    pulang2,
    sakelar ruhah di off kan,,
    rumah pun jadi gelap gulita..
    ma2k bingung,,
    tak lama kita ber-4 datang membawa kue sambil bernyanyi,,
    malemnya,aku dan kakakku cerita panjang lebar tentang ide2 dan masukan2 dari temen dan guru2...
    akhir kata ma2k blg" bwt seluruh teman n gurunya jayanti yang ikut serta menjadi panitia dalam Hari ulang tahun saya ini,
    saya ucapkan terimakasih"
    itu pesen dari ma2kq,,,
    hahahahahha...
    thx y pak,,,,

    ReplyDelete
  28. Orang Jawa bilang ibu pancering urip

    ReplyDelete
  29. knujungi blog saya ya Pak
    tomyarjunanto.wordpress.com
    lam kenal

    ReplyDelete